Rabu, 02 Agustus 2023

Workshop penguatan IKM untuk guru Hebat

Pelatihan penguatan implementasi Kurikulum Merdeka diperlukan karena dapat membantu dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Pelatihan kurikulum merdeka dapat membantu guru dan tenaga pendidik untuk lebih memahami kurikulum baru ini dan bagaimana implementasinya dalam proses belajar mengajar sehingga dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa. Sebagai kurikulum terbaru, tentu banyak tantangan yang harus dihadapi oleh para guru, mulai dari perencanaan, penentuan tujuan pembelajaran, hingga penerapannya.
Dalam penerapannya di kelas, guru-guru harus menguasai metode pembelajaran karena keberhasilan pendidikan di kurikulum merdeka sangat di tentukan oleh metode pembelajaran yang optimal dimana dapat membangkitkan potensi pada siswa yang mempunyai keberagaman latar belakang. Oleh karena itu, penting bagi sebagian besar pendidik untuk melakukan olah metode dan strategi pembelajaran di kelas agar suasana kelas semakin menarik. Apalagi di tahun ini, kemungkinan sebagian besar satuan pendidikan sudah akan menerapkan Kurikulum Merdeka. Sehingga penting untuk mengenal berbagai metode pembelajaran Kurikulum Merdeka. Yayasan Raflesia Depok berkomitmen dalam meningkatkan mutu siswa dengan mengadakan pelatihan dengan tema penguatan kompetensi tenaga pendidika dalam optimalisasi pendidikan di Yayasan Raflesia pada hari Sabtu, 29 Juli 2023 di Aula Nur-Zaini kampus Raflesia. Pelatihan ini dihadiri oleh seluruh guru pada sekolah TKIT, SDIT, SMPIT, SMAIT, SMKIT dan STIKES Raflesia. Narasumber adalah Bapak Setyo Iswoyo yang juga sebagai Tim Penulis panduan dan assesmen kurikulum merdeka di Kemendikbutristek. Beliau juga dikenal sebagai motivator 2M yang juga aktif dalam kegiatan kemanusiaan. Kegiatan ini berlangsung meriah dimana diselingi dengan games, ice breaking dan materi yang menarik, lucu dan menyenangkan sehingga semua guru bersemangat dan termotivasi dalam merencanakan, mendesian metode pembelajaran yang asik dan menyenangkan di sekolah masing-masing. 
Acara ini di akhiri dengan membuat 3 intisari esensial yang didapat dalam penguatan implementasi kurikulum merdeka belajar. Mudah-mudahan kegiatan ini mampu memberikan energi baru dalam menguatkan kompetensi guru di Raflesia. Raflesia...Hemat dan HEBATT...

.