Rabu, 20 September 2023

Sholat Istisqo meminta hujan

Saat ini, musim kemarau terus berlangsung. Semua air dipermukaan bumi, termasuk air sungai, air waduk, dan air tanah, akan berkurang sebagai akibat dari musim kemarau yang panjang akibat pemanasan global. 
Selain itu, jumlah pasokan air semakin berkurang karena curah hujan yang sangat rendah selama musim kemarau. Karena itu, akan terjadi kekeringan di beberapa wilayah. 
Dampak utama kemarau panjang terhadap daur air adalah kekeringan dan kurangnya pasokan air. Apabila kekeringan dan kurangnya pasokan air terus terjadi, hal ini dapat berdampak buruk pada makhluk hidup terutama bagi kesehatan manusia. 

Sholat Istisqo berarti meminta hujan. Ini berarti meminta kepada Allah SWT untuk menurunkan hujan dengan cara tertentu ketika hamba-Nya membutuhkannya.Bagi mereka yang terkena musibah kekurangan air untuk minum dan kebutuhan lainnya, hukum shalat Istisqo adalah sunnah muakkadah. Kaum muslimin lainnya yang masih memiliki air juga dianjurkan untuk melakukannya sebagai bentuk ukhuwah dan tolong-menolong dalam kebaikan dan ketakwaan. Seluruh siswa SMPIT Raflesia dan guru melaksanakan kegiatan Sholat Istisqo sebagai bentuk permohonan kepada Allah agar segera di turunkannya hujan. 

Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 18 September 2023 di Outdoor SMPIT Raflesia sebagai bagian dari pembelajaran kepada siswa untuk mempertebal keimanan dan ikhtiar kepada Allah SWT. 

Semoga kegiatan ini dalam meningkatkan keimanan, ketaqwaan, dan keyakinan kepada siswa akan adanya zat yang maha kuasa atas segalanya yaitu Allah SWT.